WE ARE ORION SMA N 1 SINGARAJA
RSS

Selasa, 10 Desember 2013

Apa sih yang dimaksud ORION?

Apasih itu ORION?
Nama kelas gue? yah emang :D
Oke deh biar ga penasaran kali ini gue mau bahas tentang ORION tapi menurut Mitologi Yunani :)

Mitologi Yunani adalah kumpulan legenda Yunani tentang dewa dan dewi Yunani serta para Pahlawan-pahlawan yang berawal dan tersebar melalui tradisi lisan. Kepercayaan masyarakat Yunani, para dewa-dewi ini digambarkan seperti manusia dan terdapat humanisasi dari setiap sifat dan karakternya.

Kalau menurut Wikipedia Bahasa Indonesia nih,  Orion adalah salah seorang raksasa tampan anak dari Poseidon dan Euriale. Ia memiliki kemampuan berjalan di atas air karena ayahnya adalah dewa lautan.
Orion pernah bekerja pada Raja Oinopion namun kemudian diusir dan dibutakan setelah memperkosa putrinya, Merope. Orion lalu memohon pertolongan Hefaistos yang kemudian meminjamkan asistennya, Keudalion untuk membawa Orion menemui Helios yang bisa mengembalikan penglihatannya. Orion kemudian beristirahat di Pulau Delos dan menjadi teman akrab sekaligus pengikut yang paling disukai oleh Artemis.

Orion dikisahkan sebagai sang pemburu yang mempunyai seekor anjing bernama Sirius. Dalam salah satu versi, Orion menganggap dirinya sebagai pemburu terbesar di dunia. Hal ini terdengar oleh Hera, istri raja Zeus dan dia memutuskan untuk mengirim kalajengking pada Orion. Orion pun disengat hingga mati oleh kalajengking itu.
Setelah kematiannya, Orion ditempatkan di angkasa sebagai rasi bintang Orion. Ada banyak versi mengenai kematiannya tapi yang paling umum adalah bahwa Orion dibunuh oleh Kalajengking Raksasa.



Kini rasi bintang yang paling besar adalah Orion. Rasi bintang ini mudah dikenali dan terlihat di seluruh belahan dunia kerena rasi bintang ini terdiri dari bintang-bintang yang terang. Di sebelah rasi bintang Orion terdapat sungai Eridanus dengan dua anjing pemburunya, yakni Canis Major (anjing besar) dan Canis Minor (anjing kecil) melawan Taurus, sang kerbau. Buruan lainnya seperti Lepus, si kelinci, juga ada di dekatnya. Rasi bintang Orion sangat bermanfaat dalam menentukan letak bintang-bintang lain.



Ya, itu sekilas mengenai ORION dari berbagai versi :D
Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar